Pinjaman Dana Tunai Jaminan BPKB Mobil Jakarta, Depok, Bogor corporate social responsibilies (CSR) | sahabat-keyboard | informasi

corporate social responsibilies (CSR)

Bookmark and Share
corporate social responsibilies (CSR). atau tanggung jawab sosial perusahaan. adalah hal yang sering kali diutamakan tapi kadang juga sering dihirauhkan oleh para stakeholder perusahaan atau pemimpin perusahan. saat ini CSR sering diterapkan oleh perusahaan-perusahaan. corporate social responsibilies (CSR)adalah sebuah program yang dilaksanakan oleh perusahaan sebagai wujud pertanggung jawaban dan kepedulian sosial kadang sebuah program CSR dapat disebut juga program pencitraan. dalam sebuah Etika bisnis CSR bagian yang sangat penting untuk sebuah pertanggung jawaban sosial karena kita ketahui jika pemimpin hanya memutuskan sebuah arahan yang hanya untuk keperluan keuntungan ini tidak etis dalam etika bisnis. karena kita tahu CSR dilakukan untuk pertanggung jawaban sosial dan juga sering dipakai oleh para perusahaan untuk melakukan sebuah pencitraan. sebagai perusahaan yang baik selain mencari keuntungan ada baiknya menjaga keharmonisan sosial ini juga akan terjadi timbal balik dalam hal nama baik perusahaan tersebut. mamfaat corporate social responsibilies (CSR) bagi masyarakat: masyarakat akan terbantu dalam hal masalah yang sedang dihadapinya, karena banyak program corporate social responsibilies (CSR) yang melakukan pelaksanaan programnya dengan banyak program. seperti program pendidikan, lingkungan, agama, infrastruktur dan bantuan sosial lainnya. keuntungan inilah yang akan dirasakan oleh masyarakat jika perusahaan tersebut melaksanakan dengan baik program corporate social responsibilies (CSR)nya.

Keuntungan corporate social responsibilies (CSR) bagi perusahaan :
* membedakan perusahaan nya dengan pesaingnya
* bekerja sama dengan para pemegang kepentingan
* untuk pencitraan perusahaan tersebut
* membuka investasi dan pembiayaan pada perusahaan tersebut. dan masih banyak lagi.

Contoh perusahaan yang telah menerapkan corporate social responsibilies (CSR):

Indofood yaitu sebuah perusahaan yang cukup besar dan juga memiliki pengaruh pasar yang luas. program CSR yang dilakukan oleh Indofood adalah Program INDOFOOD RISET NUGRAHA. yang memang program yang dilaksanakan dan dibuat untuk menerapkan corporate social responsibilies (CSR) bagi perusahaannya.

Program INDOFOOD RISET NUGRAHA adalah merupakan program bantuan dana penelitian (research fund) bagi kalangan akademisi (mahasiswa) untuk memacu lahirnya riset – riset unggulan bidang penganekaragaman pangan dalam kerangka turut membangun ketahanan pangan nasional. disinilah tujuan, output program dan kilas tema program dari INDOFOOD RISET NUGRAHA yang saya ambil dari website INDOFOOD tersebut :
Tema “Mewujudkan penganekaragaman pangan yang berkesinambungan dan berorientasi nilai tambah berbasis sepuluh komoditas”

TUJUAN INDOFOOD RISET NUGRAHA Meningkatkan antusiasme riset bidang pangan dari berbagai disiplin ilmu di Indonesia Membangun link & match dunia pendidikan tinggi dan industri Mendukung peluang aplikasi hasil riset akademisi pada aktivitas industri Memberikan kontribusi bagi peningkatan daya saing industri pangan nasional melalui inovasi produk dan teknologi yang berbasis riset Turut berpartisipasi membangun ketahanan pangan nasional

Output Program Pada saat diluncurkan pada tahun 1998, program ini masih dalam cakupan divisi dengan nama Bogasari Nugraha, hingga kemudian pada tahun 2006 ditingkatkan menjadi skala “corporate” dengan nama Indofood Riset Nugraha. Hingga tahun 2010, sudah lebih dari 400 penelitian bidang pangan dibiayai oleh program ini.

Kilas Tema Program Tahun 1998: Sayembara Hasil Penelitian di Bidang Gandum dan Terigu Dalam Kurun Waktu 1988-1998. Program ini memilih riset-riset terbaik bidang gandum dan terigu yang telah dilakukan selama 10 tahun terakhir.

Tahun 1999 – 2002: Penelitian di Bidang Gandum/Terigu/Tepung Komposit dan Teknologi/Mesin Pengolahan Serta Aspek Sosial Ekonomi

Tahun 2003 – 2005: Penelitian di Bidang Penganekaragaman Pangan Berbasis Tepung dengan Fokus 5 Komoditi (Gandum/Terigu, Jagung, Ubi Jalar, Singkong dan Pisang)

Tahun 2006 – 2007: Penganekaragaman Pangan Berbasis Tujuh Komoditas Untuk Mengatasi Rawan Pangan dan Perbaikan Gizi (Gandum, Jagung, Pisang, Kelapa Sawit, Singkong, Ubi Jalar, Sagu)

Tahun 2008 – 2009: Penganekaragaman Pangan Berbasis Sepuluh Komoditas Untuk Mengatasi Rawan Pangan dan Perbaikan Gizi (Gandum/Terigu, Jagung, Ubi Jalar, Pisang, Singkong, Kelapa Sawit, Sagu, Garut, Kentang, Kedelai)

Tahun 2010 – 2011: Mewujudkan Penganekaragaman Pangan yang Berkesinambungan dan Berorientasi Nilai Tambah Berbasis Sepuluh Komoditi (Gandum/Terigu, Jagung, Ubi Jalar, Pisang, Singkong, Kelapa Sawit, Garut, Kentang, Kedelai, Susu beserta turunannya)
ANALISIS: analisi yang saya simpulkan disini adalah INDOFOOD sangat baik dalam melaksanakan Program CSR karena melaksanakan nya dengan mengikutsertakan masyarakat dalam penerapan program tersebut jadi masyarakat dapat mengerti lebih jauh dan dapat merasakan program tersebut. CSR harus sering dan tidak boleh terhenti kegiatannya. karena Program CSR dapat mensejaterah kan masyyarakat dan memperdayakan masyarakat.

jika ada salah kata atau kalimat mohon dimaafkan, terima kasih. 

SUMBER BACAAN :
*http://www.indofood.com/event/IRN2011/ 
*http://www.antaranews.com/berita/1311640644/csr-perusahaan-sangat-bermanfaat-bagi-warga *http://id.wikipedia.org/wiki/Tanggung_jawab_sosial_perusahaan 4.5 Description: corporate social responsibilies (CSR) Rating: 4.5 Reviewer: Unknown - ItemReviewed: corporate social responsibilies (CSR)

baca juga artikel terkait dibawah ini

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment